Kamis, 15 April 2010

Perjalanan Iman


Setiap manusia pasti diperhadapkan dengan tantangan atau pergumulan di dalam hidupnya. Tetapi seringkali manusia tidak berani menghadapinya atau lari dari kenyataan. Padahal seringkali Tuhan ijinkan tantangan atau pergumulan terjadi untuk memurnikan iman kita dan membawa kita kepada level yang lebih tinggi lagi supaya kita mengalami pertumbuhan rohani yang sehat.

Memang masalah, pergumulan bukan dari Tuhan, tetapi manusia yang menciptakannya karena kekurangan peka manusia pada kehendak Tuhan, sehingga manusia berjalan menurut pemikiran dan keinginannya sendiri. Padahal manusia kapasitasnya terbatas, kita hanya dapat memperkirakan sesuai dengan apa yang kita lihat secara mata jasmani saja. Seringkali manusia tidak menyadarinya, karena focus / pedoman hidupnya masih pada diri sendiri, sehingga yang memimpin hidupnya juga dirinya sendiri yang serba terbatas ini.

Sebaliknya, Tuhan kuasa-Nya tidak terbatas, oleh karena itu Tuhan mengajarkan bahwa pedoman hidup kita bukan pada diri kita sendiri melainkan Kristuslah yang menjadi pusat hidup kita, sehingga Roh Kudus yang akan memimpin hidup kita.
Karena Roh Kudus kuasa-Nya tidak terbatas, maka ketika hidup kita dipimpin oleh-Nya, damai dan sejahtera akan mengaliri dalam hidup kita seperti air yang tak pernah kering.
Sehingga ketika diperhadapkan pada tantangan atau pergumulan, kita tidak akan mudah menyerah dan tetap bertahan dalam kebenaran untuk berani melaluinya.
Melalui pergumulan dan tantangan yang kita hadapi dalam kehidupan ini, tanpa disadari akan membawa kita semakin kuat didalam Dia dan semakin bertumbuh iman kita.

Oleh karena itu hidup adalah perjalanan iman.
Apakah kita sampai pada tujuan ?
Tergantung bagaimana kita meresponi setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup kita.
Satu hal yang harus kita sadari bahwa Roh yang ada di dalam kita lebih besar daripada roh yang ada di dunia ini, dengan demikian kita berani tetap setiap pada-Nya dalam segala situasi dan kondisi. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar