Kamis, 06 Mei 2010

Kasih Memerlukan Pengorbanan & Kesiapan Untuk Taat


7 Mei 2010

Kis 15 : 22 – 31 ; Yoh 15 : 12 – 17

Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat – sahabatnya”

Masih ada orang yang berpendapat bahwa kasih itu sama dengan kebaikan, artinya kalau tidak ada masalah disitu ada kasih, semua berjalan lancar, segalanya baik – baik saja itulah kasih. Ada juga yang berpendapat bahwa kasih itu memberi sesuai dengan yang diinginkan, artinya menuntut orang lain untuk melakukan sesuai dengan harapannya atau juga menuruti segala keinginannya karena kita mengisihinya atau karena kita tidak tega menolaknya.

Hari ini, Injil mengajak kita bahwa kasih itu memerlukan pengorbanan. Hanya karena ketaatan kita dapat berkorban. Kalau bicara tentang ketaatan, kita berbicara tentang kaharusan bukan berbicara mengenai suka atau tidak suka. Karena mengasihi itu berarti siap berkorban, mengasihi itu bukan berarti balas budi karena dia sudah baik pada kita, mengasihi itu juga bukan karena kita ingin menyenangkan hati orang, sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk tidak dapat mengasihi, siapapun yang kita hadapi, bagaimanapun karakter orang yang kita hadapi, karena kasih memerlukan pengorbanan.

Maka mari, kita memulai dari diri kita terlebih dahulu untuk melakukan kasih dalam kehidupan kita sehari – hari, seberapa besar masalah yang kita hadapi, seberat apapun tantangan yang kita hadapi kita tetap mau taat untuk melakukan kasih, karena ketika kita berbuat kasih maka mungkin kita tidak dapat mengubah situasi atau kenyataan yang ada tetapi yang pasti kita akan memperoleh damai dan suka cita dari-Nya.
Bapa sudah mengorbankan Yesus Putra-Nya untuk menebus dosa – dosa kita, itu karena Bapa sangat mengasihi kita, maka Tuhan katakan tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang menyerahkan nyawanya untuk sahabat – sahabatnya. Artinya kasih itu memberi, memberi bukan untuk kepentingan diri kita pribadi tetapi memberi karena kita sudah mengalami kasih dari Tuhan dan kita mau menyalurkan kasih itu kepada sesama agar merekapun mengalami kasih-NYA yang akan membawa perubahan dalam segala aspek kehidupan. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar