Minggu, 14 Februari 2010

Tetap Setia & Tekun


15 Pebruary 2010

Yak 1 : 1-11, Mrk 8 : 11-13

Ada seorang teman yang mengeluh, ketika dia di PHK oleh perusahaannya dengan tuduhan yang tidak pernah dia lakukan, dia sudah bekerja di perusahaan itu selama 25 tahun. Dia katakan kenapa hal ini dapat terjadi pada dirinya, padahal dia sudah melayani Tuhan, kenapa Tuhan tidak membela dia.

Hal seperti itu mungkin pernah juga kita alami, kita merasa sudah berbuat banyak dan aktif dalam kegiatan Gereja, dengan tujuan agar hidup kita lancar – lancar saja, agar hidup kita tidak terhindar dari masalah. Pola pandang seperti ini adalah pola pandang yang sempit, hari ini Tuhan berbicara kepada kita bahwa justru kita diharapkan untuk setia dalam pencobaan – pencobaan yang ada untuk menguji iman kita dimana akan menghasilkan ketekunan agar kita menjadi utuh dan sempurna di hadapan Bapa.
Untuk tetap setia dan bertahan dalam pergumulan sebagai manusia tidaklah mudah, tetapi satu hal kita harus nyakin, bahwa Tuhan yang akan menyempurnakan dan memperlengkapi dengan segala himat-Nya. Bagian kita adalah tetap percaya, jangan bimbang karena orang yang bimbang tidak akan mendapatkan apa-apa.

Ada beberapa hal yang dapat membantu kita untuk tetap setia dan bertahan dalam pergumulan :

1. Milikilah Iman
Abraham ketika menerima janji Tuhan usianya sudah tua dan lemah, bahkan Sarah sudah mati haid, tetapi satu hal yang dapat kita teladani dari Abraham adalah terhadap janji Tuhan dia tidak pernah bimbang.

2. Menyadari bahwa hidup ini adalah kasih karunia.
Agar kita selalu berkata kepada Tuhan, “Tuhan aku butuh Engkau, tanpa Engkau aku tidak dapat berbuat apa – apa “,maka dengan demikian kita akan dapat senantiasa bersyukur kepada Tuhan dalam segala keadaan.

3. Cinta kita kepada Tuhan harus selalu membara.
Karena cinta adalah motor penggerak setiap kegiatan kita dalam Tuhan.

Bapa yang kekal, berilah kami kekuatan melalui Firman-Mu agar kami senantiasa tetap bertahan dalam kebenaran, sehingga kami semakin hari menjadi semakin sempurna dan utuh seperti yang Kau ingini. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar