Sabtu, 23 Januari 2010

Jangan Takut Berbuat Baik


23 January 2010

2 Sam 1:1-4, 11-12, 19, 23-27 ; Mrk 3 : 20-21

Untuk melakukan kebaikan tidak selalu mendapat respon yang baik dari orang – orang di sekitar kita. Saya teringat seorang teman yang pernah bercerita, ketika dia lagi di jalan dengan mobilnya, tiba – tiba satu meter di depan mobilnya ada pengendara

motor yang ditabrak dan yang menabrak itu lari, dengan spontan teman saya menghentikan mobilnya, tetapi dia ragu – ragu untuk turun menolong orang tsb. karena berbagai macam pertimbangan, tetapi dari hatinya yang terdalam ada dorongan yang sangat kuat untuk menolong, dan dengan rasa yang was – was, akhirnya turun juga dan menolongnya, singkat cerita, semua berjalan dengan lancar dan baik.

Itulah yang sering terjadi juga dalam kehidupan ini, kita sering menilai segala sesuatu dengan hal – hal yang ada di dunia ini, dengan kebiasaan dunia. Tuhan tidak takut melakukan kebaikan meskipun mendapat celaan, sindir-an bahkan penderitaan yang luar biasa, bagi Tuhan berbuat baik itu bukan pilihan tetapi kewajiban kita sebagai orang yang sudah mengalami kasih-Nya, dan kita berbuat baik demi kemuliaan Tuhan.
Marilah kita memandang segala sesuatu sesuai dengan sudut pandang Tuhan, sehingga kita tidak perlu kuatir atau takut untuk melakukan perbuatan baik.
Kalau Tuhan selalu memberi teladan kepada kita melalui kasih-Nya yang luar biasa, maka kita sebagai pengikut-Nya hendaklah berbuat hal yang sama, meskipun terkadang perbuatan baik kita tidak dapat diterima oleh sesama, atau bahkan terjadi pertentangan tetapi kita jangan putus asa dan menyerah, tetapi hendaklah segala halangan yang ada semakin memacu semangat kita untuk selalu melakukan kebaikan karena dunia ini semakin keras, dan dunia sangat membutuhkan orang – orang yang mau berbuat baik bagi sesama. Lakukanlah perbuatan baik dengan tulus, dengan cara yang manis untuk menghalau segala halangan yang ada.

Bapa yang penuh kasih, berilah kami rahmat-Mu untuk kami mampu melangkah dalam perbuatan baik dengan tulus tanpa rasa takut dan kuatir. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar