Selasa, 26 Januari 2010

Menghidupi Sabda Tuhan


27 January 2010

2 Sam 7:4-17 ; Mrk 4 : 1-20

Para petani pasti menginginkan hasil yang baik bagi setiap benih yang ditaburkan. Maka sebelum mereka menabur benih tsb. mereka mempersiapkan tanah yang akan digunakan dengan membajaknya supaya gembur menyingkirkan batu – batu yang ada,

setelah benih ditaburkan, para petani belum selesai tugasnya, supaya menghasilkan buah yang lebat dan baik, maka harus diberi pupuk serta secara teratur disirami.

Hari ini Tuhan mengumpamakan Kerajaan Surga sebagai seorang penabur benih. Benih ditabur di beberapa tempat, ada yang di pinggir jalan tetapi tidak ada hasilnya, karena dimakan burung sampai habis, ada juga yang ditabur di tanah yang berbatu – batu yang tanahnya tipis, sehingga benih tsb tidak dapat bertahan lama dengan sengatan matahari menjadi kering dan tidak berakar, kemudian ada juga yang jatuh di semak berduri, tetapi juga tidak menghasilkan karena terhimpit semak yang makin besar sehingga mati sebelum menghasilkan buah, sebagian lagi jatuh di tanah yang baik, dia dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berlimpah.
Benih yang dimaksud adalah Sabda Tuhan, Sabda Tuhan diberikan kepada setiap manusia, ada yang mendengarnya tetapi hanya sekedar mendengarkan saja tanpa memahaminya, ada yang hatinya keras, yang tidak tahan uji terhadap tantangan dan cobaan yang datang dalam kehidupanya, tetapi ada juga yang mendengarkan dengan hati yang terbuka dan sungguh – sungguh memahami dan menerapkan dalam kehidupannya sehingga menghasilkan buah yang melimpah dalam kehidupannya.

Sabda Tuhan yang sudah ada di dalam hati kita, hendaklah terus kita pelihara agar dapat bertumbuh dengan sehat dan akhirnya menghasilkan buah yang melimpah. Oleh karena itu mari kita senantiasa meluangkan waktu untuk membaca dan merenungkan Sabda Tuhan, sampai Sabda Tuhan itu meresap dalam hati kita agar dapat berkembang dengan baik dan melalui bantuan Roh Kudus kita akan menghidupinya. Dengan demikian hidup kita akan menjadi berkat bagi banyak orang. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar