Kamis, 14 Januari 2010

Pertobatan Akan Membawa Pemulihan

15 January 2010

Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni !"

1 Sam 8 : 4-7, 10-22a ; Mrk 2 : 1-11

Ditengah – tengah Tuhan mengajar tiba – tiba, dikejutkan ada orang – orang yang membawa orang lumpuh, tetapi karena orang banyak maka mereka membuka atap yang di atas-Nya dan menurukan tilam, tempat orang lumpuh itu berbaring. Ketika Yesus

melihat iman mereka, maka berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu “Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!”.Di sana juga ada duduk beberapa ahli Taurat, ketika para ahli Taurat mendengar apa yang dikatakan Yesus, mereka menjadi terkejut, karena bagi mereka dosa dan penyakit saling berhubungan dan yang mempunyai kuasa untuk mengampuni dosa adalah Tuhan sendiri, sedangkan para nabi hanya sebagai perantara dengan cara mendoakan saja. Tapi Yesus sangat tahu apa yang ada dipikiran mereka, serta Yesus juga sangat tahu bahwa tanda dari pengampunan dosa adalah kesembuhan, maka Yesus berkata kepada orang lumpuh itu “Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu, dan pulanglah ke rumahmu !”, segera orang lumpuh tsb. bangun dan mengangkat tempat tidurnya lalu keluar di hadapan orang banyak itu.

Mujijat yang dialami orang lumpuh tsb. menunjukkan siapa Yesus sebenarnya, bahwa Yesus mempunyai kuasa untuk mengampuni dosa dan menyembuhkan.
Injil hari ini memberikan kepada kita satu inspirasi, bahwa supaya kita tetap dapat bangkit kembali ketika mengalami kegagalan adalah :

1. Iman dan pengharapan
Percaya bahwa Tuhan itu penuh belas kasih, dan pengampunan.
Tuhan sanggup mengulurkan tangannya mengangkat kita, memulihkan kita serta memberikan masa depan yang penuh pengharapan.

2. Sesama / saudara seiman
Melalui bantuan sesama akan membuat kita semangat untuk bangkit dan bertahan dalam kebenaran. Untuk itu dibutuhkan keterbukaan hati menerima uluran tangan dari sesama, karena Tuhan juga bekerja melalui sesama. Melalui sesama kita dapat saling membagi, saling mendukung serta saling menguatkan. Kita tidak hanya menerima uluran tangan dari sesama, tetapi hendaklah kita juga mau mengulurkan tangan kita bagi sesama.

Dengan bertobat dan memasuki hidup baru, bukan saja akan membuat kita bebas, tetapi pertobatan itu akan memulihkan segala aspek kehidupan kita. Karena ketika kita sungguh – sungguh datang kepada Tuhan dengan penuh penyesalan maka Tuhan yang penuh kasih akan mengampuni dosa-dosa kita, saat itu juga sesuatu yang luar biasa akan terjadi dalam hidup kita, kita akan menjadi orang yang penuh suka cita serta damai sejahtera, menjadi orang yang bebas dari segala keterikatan yang membelenggu dan menghambat pertumbuhan serta pemulihan kita.

Bapa yang penuh kasih, kami bersyukur atas pengampunan dosa yang membawa pemulihan, dan kami bersyukur juga atas sesama yang ada di sekitar kami, beri kami rahmat supaya kami mampu juga mengulurkan tangan kami bagi sesama, untuk saling mendukung terutama mereka yang membutuhkan uluran tangan kami. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar